Mengetahui Teknik tentang Pijat Refleksi ?

Mengetahui Tentang Teknik Pijat Refleksi

Pijat Refleksi menurut wikipedia juga dikenal sebagai terapi zona , adalah praktik medis alternatif yang melibatkan penerapan tekanan pada titik-titik tertentu pada kaki dan tangan. Ini dilakukan dengan menggunakan teknik pijat jempol, jari, dan tangan tertentu tanpa menggunakan minyak atau lotion. Hal ini didasarkan pada sistem zona dan area refleks pseudoscientific yang konon mencerminkan citra tubuh pada kaki dan tangan, dengan premis bahwa kerja seperti pada kaki dan tangan berdampak pada perubahan fisik pada area yang seharusnya terkait tubuh. 

Dan Menurut admin definisi simpelnya sendiri adalah sebuah treatment yang fokus terutama pada kaki. Dasar dari teori Reflexology adalah bahwa setiap point jariang yang ada dikaki terhubung ke berbagai jaringan di tubuh kita. seperti : Jika anda menekan ujung jari kaki itu akan terkoneksi / terhubung dengan kepala, usus dan pinggang dijaringan menuju ke arah tumit, Pankreas dan hati , juga ginjal berada pada lengkungan kaki. Para praktisi mempercayai jika kita melakukan penekanan didaerah tertentu akan dapat meningkatkan kesehatan pada organ yang terhubung di dalamnya sesuai melalui jalur energik.
Pada tahun 1915 Dr. William H. Fitzgerald seorang ahli THT memperkenalkan konsep “Therapy Zona”. dan 15 tahun kemudiann tepatnya pada tahun 1930 Fisioterapis America Ingram mengembangkan lebih lanjut therapy ini menjadi apa yang disebut Reflexology sekarang ini.

Baca Juga ini : Rekomendasi Massage Panggilan Bandung


Pentingkah Pijat Refleksi ? pertanyaan ini kadang muncul dari beberapa orang. karena mereka menganggap melakukan Massage saja sudah cukup untuk kesehatan seluruh tubuh. tidak salah juga sich, tetapi perlu diketahui Reflexology ini mempunyai manfaat yang tidak bisa di dapat dari hanya sekedar melakukan Massage. seperti contoh berikut ini. Reflexology terbukti untuk mengurangi tingkat stres, membantu gangguan pencernaan, Insomnia, ketidakseimbangan hormon.gangguan menstruasi, seperti simdrom pramenstruasi PMS, sakit punggung, dll.

Selalu pastikan sebelum anda memulai treatment, jelaskan secara komplet riwayat kesehatan anda, atau anda memiliki masalah pada area tertentu kaki anda yang membutuhkan perhatian lebih. Agar Therapist bisa memberikan layanan yang maxsimal. dan Reflexology tidak hanya bisa dilakukan pada kaki lo teman – teman, tanganpun memiliki beberapa point penting yang terhubung dengan area tertentu pada tubuh anda. Treatment ini biasanya tidak dianjurkan untuk ibu hamil.

Manfaat Pijat Refleksi Jika Sering Dilakukan Adalah Sebagai Berikut :

1. Mengurangi Sakit Kepala

Pijat refleksi dapat membantu meringankan rasa sakit kepala yang disebabkan oleh rasa cemas dan juga stres tanpa harus meminum obat-obatan. Terapi pijat refleksi untuk meredakan nyeri biasanya terlihat setelah 3 bulan rutin melakukannya.

Menurut penelitian yang telah dilakukan, terdapat 23 persen pasien tidak lagi mengalami sakit kepala dan 11 persen lagi tidak mengkonsumsi obat-obatan ketika rutin melakukan pijat refleksi.

2. Membantu Melancarkan Peredaran Darah

Telapak kaki memiliki saraf yang langsung berhubungan dengan jantung dan juga pembuluh darah. Ketika dilakukan pemijatan di titik-titik tersebut secara otomatis akan berpengaruh pula pada fungsi jantung dan pembuluh darah.

Pijat refleksi juga dipercaya dapat meningkatkan kesehatan jantung. Pijat ini juga dipercaya dapat membuka simpul-simpul saraf sehingga mampu melancarkan peredaran darah.

3. Metode Recovery Pasien Stroke

Stroke merupakan penyakit yang disebabkan oleh kurangnya suplai darah ke otak. Kekurangan ini bisa disebabkan oleh penyumbatan maupun pecahnya pembuluh darah. Akibatnya sel-sel otak akan mati karena kekurangan nutrisi dan oksigen yang terkandung di dalam darah. Kondisi tersebut tentunya akan mempengaruhi fungsi tubuh yang dikendalikan oleh otak. 

Umumnya pasien stroke tidak bisa untuk menggerakkan anggota gerak tubuh, baik secara sebagian maupun secara total.

Penanganan bagi pasien stroke biasanya dengan melakukan terapi fisik. Pijat refleksi dapat digunakan sebagai pendamping terapi pengobatan medis. Tekanan yang diberikan saat melakukan pemijatan pada tangan ataupun kaki dapat memberikan dampak positif serta mampu mendorong peningkatan kemampuan gerak pasien stroke.

4. Membantu Meringankan Sembelit

Sembelit atau disebut juga dengan konstipasi, merupakan kondisi sulit buang air besar dalam waktu yang cukup lama. Sembelit bisa terjadi karena gaya hidup yang kurang sehat terutama pola makan sehari-hari ataupun karena stres yang berlebihan. Sembelit wajar terjadi dan bisa sembuh dengan sendirinya.

Meskipun demikian, sembelit tidak boleh dibiarkan dan diabaikan. Karena sembelit yang telah melampaui kewajaran dapat diindikasikan sebagai salah satu tanda penyakit yang serius.

Pengobatan sembelit dapat dilakukan secara alami, baik itu dengan mengganti pola makan yang lebih sehat dan juga terapi. Salah satu terapi yang dapat dilakukan adalah pijat refleksi. 

Pijat refleksi dipercaya dapat mengurangi rasa stres, sehingga menimbulkan perasaan yang lebih nyaman dan menenangkan. Dan hal tersebut tentunya sangat berguna bagi penderita sembelit.

5. Metode Pendamping Kemoterapi bagi Penderita Kanker

Kemoterapi merupakan salah satu metode pengobatan kanker dengan menggunakan bahan-bahan kimia. Kemoterapi dapat menimbulkan efek yang luar biasa kepada penderita, seperti nyeri, mual bahkan muntah.

Pijat refleksi digunakan sebagai metode terapi pendamping bagi penderita kanker untuk membantu mengurangi rasa nyeri yang diakibatkan oleh kemoterapi. Manfaat lain yang didapat dari pijat refleksi bagi penderita kanker adalah dapat membantu meningkatkan nafsu makan, mencegah gangguan pencernaan, mencegah kelelahan serta menjaga suasana hati.

Pengobatan kanker yang didampingi dengan pijat refleksi ini juga dipercaya dapat membantu meningkatkan kualitas hidup penderita kanker.

6. Mengurangi Lelah dan Rasa Gelisah

Aktivitas sehari-hari yang padat mampu membuat orang merasa jenuh. Tekanan dan tuntutan pekerjaan lama kelamaan dapat menyebabkan orang mengalami stres. Jika sudah demikian, pasti rasa gelisah dan cemas akan selalu menghantui kehidupan seseorang. Dampak lain yang dirasakan tentunya penurunan produktivitas dalam pekerjaan.

Kondisi seperti itu tentunya membutuhkan relaksasi, yang mampu membuat seseorang merasa nyaman dan tenang kembali. Salah satu cara yang dapat dilakukan yaitu dengan pijat refleksi.

Pijat refleksi yang dilakukan pada tangan dan kaki, dapat membantu mengurangi rasa cemas, gelisah dan lelah, serta meningkatkan kualitas tidur.

Telah dibuktikan oleh beberapa penelitian, bahwa pijat refleksi cukup efektif untuk mengurangi gangguan psikologis yang dialami beberapa orang. Pijat refleksi juga telah dibuktikan mampu mengurangi rasa lelah yang dialami oleh ibu hamil selama kehamilan berlangsung. 

Kesehatan Harusnya Dijaga dan Diupayakan

Meskipun banyak sekali manfaat dari terapi pijat refleksi, namun kamu tidak boleh hanya mengandalkan upaya ini saja. Menjaga kesehatan tentunya lebih baik daripada mengobati. Pada beberapa penyakit, pijat refleksi hanya membantu mengurangi ataupun meredakan, baik itu gejala ataupun efeknya, tidak dapat menghilangkan secara total.

Pijat refleksi juga tidak boleh diberikan kepada seseorang yang menderita masalah peredaran darah pada kaki, cedera pada tangan dan kaki, kaki kapalan, memiliki luka terbuka, sedang diare, demam, jumlah trombosit rendah serta gangguan tiroid.

Jadi Kesimpulannya :
Pijat Refleksi sangat penting bagi tubuh anda dan banyak manfaat bagi anda. jadi anda tidak perlu sungkan untuk menghubungi kami jika membutuhkan jasa massage kami. dan kami telah memberikan pelayanan yang sangat memuaskan bagi para pelanggan kami di bidang ini.

Sumber Artikel : https://www.cermati.com/artikel/jika-rutin-dilakukan-inilah-manfaat-pijat-refleksi-bagi-kesehatan

Share Dong Kak :